al-azhar-building

Al Azhar Bakal Bangun Sekolahan di Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung – Pemerintah Kabupaten Bandung fokus membenahi sektor pendidikan. Pembangunan sekolah-sekolah baru jadi prioritas.
Salah satu bentuk keseriusan di dunia pendidikan dengan akan dibangunnya sekolah baru di Kabupaten Bandung. Sekolah itu akan dibangun yayasan pesantren Islam Al Azhar.

Dalam waktu dekat, sekolah islam tersebut akan dibangun di wilayah Podomoro Park, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Peletakan batu pertama pembangunan sekolah itu sudah dilaksanakan pada Selasa https://www.pantiasuhan-hidayah.org/ (1/8/2023).

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan adanya sekolah tersebut membantu sarana pendidikan yang menunjang perumahan Podomoro Park. Apalagi, kata dia, Kabupaten Bandung masih kekurangan sekolah.

“Saya kira sangat terbantu, program pemerintah karena jujur kita masih butuh 48 sekolah baru ya di Kabupaten Bandung. Apalagi dengan hadir di Podomoro Park ini menambah jumlah penduduk dan jumlah pelajar di sini,” ucap Dadang.

Dadang menuturkan proses pembangunan sekolah diharapkan bisa berlangsung lancar. Sehingga sekolah sudah mulai bisa melakukan penerimaan siswa.

“Termasuk tadi soal izin ya, jadi izinnya ini sudah termasuk dalam izin induknya jadi tinggal stincing saja,” tuturnya.

Dia menambahkan Kabupaten Bandung masih membutuhkan 48 unit SMP. Dengan rata-rata rombongan belajar (rombel) sekitar 7 rombel.

“Ya maka kurang lebih sekitar 280an kali masing-masing tingkatan, jadi 48 unit sekolah baru ini adalah SMP. Memang kita masih kekurangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Fuad Bawazier mengatakan sekolah tersebut menjadi sarana pelengkap dalam bidang pendidikan di komplek tersebut. Sehingga masyarakat menyekolahkan anak-anaknya dengan dekat.

“Jadi orang ga bingung untuk sekolahkan anaknya jauh jauh. Dan sekolahnya ini juga memadai, dilengkapi mesjid juga. Sarana SMP dan SD yang umumnya warga Podomoro ini orang tua muda, jadi tepat untuk anak usia segitu (sd/smp) jadi bisa langsung sekolah di sini,” ujar Fuad.

Fuad mengungkapkan Al Azhar telah hadir di berbagai kota di Indonesia. Adanya sekolah baru jadi bukti sinergi dengan pemerintah.

“Dari pemerintahannya tadi sudah dijelaskan oleh pak Bupati bahwa beliau siap memberikan dukungan terkait persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan di sini sehingga cepat dapat kami penuhi,” katanya.

Dia menjelaskan sekolah tersebut merupakan yang pertama di wilayah Kabupaten Bandung. Harapannya pada tahun 2024 bisa segera beroperasi.

“Iya kalau di Kabupaten Bandung ini yang pertama. Targetnya tahun depan sudah dibuka sekolahnya, nanti 2024 atau 2025 itu sudah dibuka,” ucapnya.

Menurutnya saat ini pun telah dibuka pendaftarannya. Pasalnya pada bulan Oktober dan November telah memasuki tahun ajaran baru.

“Untuk tahun ajaran depan pendaftarannya saat ini sudah dimulai dan difasilitasi oleh podomoro di depan,” jelasnya.

Pada tahun pertama ini sekolah Al Azhar akan menampung berapa murid yang mendaftar. Dengan jumlah kelas yang dibagi dalam SD dan SMP.

“Nantinya kita bisa buka lima kelas, pasti diterima dan kita rencana buka lima kelas untuk SD atau lima kelas untuk SMP nantinya seperti itu, jadi saya kira untuk tahun pertama akan begitu,” bebernya.